-->

Download Program Tahunan (Prota) Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Download Program Tahunan (Prota) Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

 

Salam jumpa pembaca. Pada kesempatan ini kami akan membagikan artikel tentang Download Program Tahunan (Prota) Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka.

 

Program Tahunan (Prota) Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka merupakan administrasi yang cukup penting dalam proses kegiatan Belajar mengajar. Dalam Kurikulum Merdeka prota berfungsi sebagai alokasi waktu pembelajaran selama satu tahun yang digunakan untuk mencapai Capaian Pembelajaaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP) yang diharapkan. Pembagian alokasi waktu pada pembelajaran Kurikulum Merdeka sangat diperlukan agar seluruh CP dan TP bisa diterapkan dan diterima oleh para peserta didik. 

 

Rekan – rekan pendidik bisa menyusun prota setelah mengetahui jumlah jam mengajar untuk setiap mata pelajara tertentu sudah diketahui. Untuk mengetahui jumlah jam pelajaran dalam satu tahun setelah rekan – rekan melihat kalender pendidikan terbaru rekan – rekan juga harus melihat jumlah minggu efektif dalam satu tahun. 


Dengan disusunya prota secara baik dan benar, akan memudahkan rekan – rekan dalam menyusun dan mengisi administrasi – administrasi berikutnya. Karena isian di dalam prota sangat berpengaruh pada penyusunan Pomes/Prosem serta Modul Ajar (MA) di Kurikulum Merdeka.

 

Pengertian Program Tahunan (PROTA)

 
Program adalah sederetan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian tersebut.
 

Program tahunan (PROTA) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.
 

Dalam program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar.
 

Download Prota MTK Kelas 4

Sebagai referensi dan contoh di bawah ini akan kami bagikan contoh penyusunan Program Tahunan (Prota) Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka. Prota yang kami bagikan bisa rekan – rekan kembangkan sesuai dengan kebutuhan administrasi di sekolah masing – masing. Prota Kelas 4 yang kami bagikan kami susun ke dalam dua format yaitu format Prota per Capaian pembelajaran dan Alur Tahap Pembelajaran Serta format prota per BAB Materi ajar. Silahkan Program Tahunan (Prota) Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka Sesuai dengan yang guru inginkan.

 

Download Program Tahunan (Prota) Bahasa Indonesia