-->

Modul Ajar Sosiologi Kelas 10 Kurikulum Merdeka Semester 1&2 Revisi 2022/2023

Salam jumpa pembaca. Pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi tentang modul ajar sosiologi kelas 10 kurikulum merdeka semester 1&2 revisi 2022/2023.



Modul Ajar Sosiologi Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Sebagaimana kita ketahui bersama menjelang kegiatan mengajar aktif semester 1 tahun 2022/2023 guru sudah harus menyiapkan perangkat ajarnya. Sedangkan bagi sekolah yang masih melaksanakan kurikulum 2013 bisa menggunakan modul ajar sebagai pengganti RPP. Nantinya penyusunan tinggal menyesuaikan dengan Kompetensi dasar dan materi pelajaran semester genap. Modul ini disusun sesuai dengan CP Terbaru.


Adapun sebelum menuju contoh modul ajar, perlu kiranya sobat guru mengetahui apa saja materi pelajaran sosiologi kelas 10 jenjang SMA/SMK baik semester ganjil maupun genap. Oleh karena itu, guna memperkaya informasi pada laman ini, bsilahkan download buku pegangan guru dan siswa.


Baca Juga :Kabar Baik!KemenPAN-RB membuka 319.716 Kuota PPPK Guru, Khusus untuk 3 Kategori


Sosiologi: Individu dan Masyarakat

A. Pengantar Sosiologi: Kelahiran dan Kajian Sosiologi

B. Sosiologi Sebagai Ilmu yang Berparadigma Ganda

1. Paradigma Fakta Sosial

2. Paradigma Definisi sosial

3. Paradigma Perilaku sosial


C. Penelitian Sosial

1. Metode Penelitian

2. Sumber penelitian

3. Etika Penelitian


D. Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas

1. Interaksi Sosial

2. Identitas Sosial

E. Lembaga Sosial

1. Proses Lembaga Sosial: dari Norma menjadi Lembaga Sosial

2. Jenis dan Fungsi Lembaga Sosial

3. Tertib Sosial dan Penyimpangan Sosial

4. Heterogenitas Sosial: Pelapisan Sosial dan Diferensiasi Sosial
 

Selanjutnya setelah mengetahui materi pelajaran sosiologi kelas 10, Lebih jelasnya para guru mengetahui apa saja komponen modul ajar yang perlu dimuat ke dalam modul.


A. IDENTITAS MODUL

Informasi tentang modul ajar yang dikembangkan terdiri dari:

  • Nama penyusun, institusi, dan tahun disusunnya Modul Ajar.
  • Jenjang sekolah (SD/SMP/SMA)
  • Kelas
  • Alokasi waktu (penentuan alokasi waktu yang digunakan adalah alokasi waktu sesuai dengan jam pelajaran yang berlaku di unit kerja masing-masing)

 

Baca Juga : Telah di Buka! Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 8-10, Ini Link Pendaftarannya

 

B. KOMPETENSI AWAL

Kompetensi awal adalah pengetahuan dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal merupakan ukuran seberapa dalam modul ajar dirancang.



C. PROFIL PELAJAR PANCASILA

Merupakan tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) dapat tercermin dalam konten dan/atau metode pembelajaran.



Di dalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu mencantumkan seluruhnya, namun dapat memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam modul ajar



Enam dimensi Profil Pelajar Pancasila saling berkaitan dan terintegrasi dalam seluruh mata pelajaran melalui (terlihat dengan jelas di dalam):


  •  materi/isi pelajaran,
  •  pedagogi, dan/atau
  •  kegiatan projek atau
  •  asesmen


Setiap modul ajar memuat satu atau beberapa unsur dimensi Profil Pelajar Pancasila yang telah ditetapkan

D. SARANA DAN PRASARANA

Merupakan fasilitas dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana merujuk pada alat dan bahan yang digunakan, sementara prasarana di dalamnya termasuk materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.



Ketersediaan materi disarankan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik baik dengan keterbatasan atau kelebihan. Teknologi, termasuk sarana dan prasarana yang penting untuk diperhatikan, dan juga dimanfaatkan agar pembelajaran lebih dalam dan bermakna.

E. TARGET PESERTA DIDIK

 Peserta didik yang menjadi target yaitu;

  • Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

  • Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb.

  • Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.


F. MODEL PEMBELAJARAN


Merupakan model atau kerangka pembelajaran yang memberikan gambaran sistematis pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran dapat berupa model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning.


A. TUJUAN PEMBELAJARAN


Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman.

Tujuan pembelajaran menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan.

Tujuan pembelajaran bisa dari berbagai bentuk: pengetahuan yang berupa fakta dan informasi, dan juga prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, dan kolaboratif dan strategi komunikasi.


B. PEMAHAMAN BERMAKNA


Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh kalimat pemahaman bermakna:

  • Manusia berorganisasi untuk memecahkan masalah dan mencapai suatu tujuan.

  • Makhluk hidup beradaptasi dengan perubahan habitat.


C. PERTANYAAN PEMANTIK


Pertanyaan pemantik dibuat oleh guru untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. Pertanyaan pemantik memandu siswa untuk memperoleh pemahaman bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran.



Contohnya pada pembelajaran menulis cerpen, guru dapat mendorong pertanyaan pemantik sebagai berikut:

  • Apa yang membuat sebuah cerpen menarik untuk dibaca?

  • Jika kamu diminta untuk membuat akhir cerita yang berbeda, apa yang akan kamu usulkan?



D. KEGIATAN PEMBELAJARAN


Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa.



Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, meliputi tiga tahap, yakni pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.


E. ASESMEN


Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.


Jenis asesmen:

  •  Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik)

  •  Asesmen selama proses pembelajaran (formatif)

  •  Asesmen pada akhir proses pembelajaran (sumatif)

 


Bentuk asesmen yang bisa dilakukan:

  • Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
  • Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.)
  • Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).

     

Akhir Kata


Mungkin hanya itu dulu informasi tentang modul ajar sosiologi kelas 10 kurikulum merdeka semester 1&2 revisi 2022/2023. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya.