-->

Capaian Pembelajaran (CP) Tahun 2023 Bahasa Inggris Kelas 3 dan 4 SD Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran (CP) Tahun 2023 Bahasa Inggris Kelas 3 dan 4 SD Kurikulum Merdeka

 

Salam jumpa pembaca. Pada kesempatan ini kami akan membagikan artikel tentang Capaian Pembelajaran (CP) Tahun 2023 Bahasa Inggris Kelas 3 dan 4 SD Kurikulum Merdeka.


CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

FASE B (UMUMNYA UNTUK KELAS III DAN IV SD/MI/PROGRAM PAKET A)

 

Pada akhir Fase B, peserta didik memahami dan merespon teks lisan dan visual sederhana dalam bahasa Inggris. Dalam mengembangkan keterampilan menyimak dan berbicara, peserta didik mengikuti/merespon instruksi atau pertanyaan sederhana dalam bahasa Inggris dan membagikan informasi dengan kosakata sederhana. Peserta didik merespon berbagai teks/gambar secara lisan dan tulisan sederhana dengan alat bantu visual dan komunikasi non-verbal. Pada Fase B, peserta didik dapat berinteraksi dengan menggunakan bahasa Inggris sederhana.


Pengertian Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian Pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

 

Capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka merupakan keterampilan belajar yang harus diselesaikan dalam setiap tahap belajar. Kurikulum merdeka bersifat fleksibel karena mengatur pembelajaran sesuai dengan minat dan bakat siswa.

 

Teknik dan strategi dalam mencapai pembelajaran adalah dengan mengurangi cakupan materi dan mengubah tata cara penyusunan yang lebih dinamis dan fleksibel. Hal ini memungkinkan siswa akan merasa nyaman dan tidak tertekan dalam mempelajari materi dalam suatu pembelajaran. 

 

Isi Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka mencakup :

 

1. Rasional Capaian Pembelajaran

2. Tujuan Capaian Pembelajaran

3. Karakteristik Pembelajaran

4. Lingkup Capaian Pembelajaran

5. Rumusan Capaian Pembelajaran/ Elemen CP


Tujuan Capaian Pembelajaran

●  Tujuan Capaian Pembelajaran PAUD

 

Pembelajaran  pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah  pembelajaran  yang  mengintegrasikan  semua  aspek perkembangan  anak  dengan  penekanan  pada  kesejahteraannya.  Tujuan  Capaian Pembelajaran di PAUD adalah memberikan arah yang sesuai dengan usia perkembangan anak (nilai agama, fisik-motorik, emosional, bahasa, dan kognitif) agar anak siap mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya. 

 

●  Tujuan Capaian Pembelajaran Tingkat SD-SMA

 

Capaian pembelajaran menunjukkan kemajuan belajar yang digambarkan secara vertikal dari satu  tingkat  ke  tingkat  yang  lain  serta  didokumentasikan  dalam  suatu  kerangka  kualifikasi. Selain itu, capaian pembelajaran juga harus disertai dengan kriteria penilaian yang tepat yang dapat digunakan untuk menilai bahwa hasil pembelajaran yang diharapkan telah dicapai.  Capaian  pembelajaran  mempunyai kedudukannya  sangat  penting  dalam  pelaksanaan  dan penilaian.    Pencapaian  CP  hanya  dapat  diidentifikasi  setelah  siswa  mengikuti  proses pembelajaran melalui penilaian dan harus dapat didemonstrasikan dalam kehidupan nyata.


Prinsip Perumusan atau Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP)   

Apa beberapa prinsip perumusan atau penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) yaitu sebagai berikut :

 

1.  Terukur dan spesifik

 

CP  harus  dapat  diukur  dan  spesifik,  berdasarkan  hierarki  tahapan  konseptual  proses pembelajaran  yang  hasil  belajarnya  dapat  digunakan  untuk  mendeskripsikan  kemampuan siswa,  seperti  yang  dinyatakan  oleh  European  Commission  (2011)  dalam (ECFOP,  2017:33), bahkan secara spesifik Mahajan (2017:65) menyebutkan bahwa CP harus ditulis berdasarkan Taksonomi  Bloom  karena  telah  terbukti  relevan  untuk untuk  membantu  mengembangkan hasil belajar. Konsep taksonomi Bloom sangat sederhana, yaitu:

a. Sebelum memahami konsepnya, ingatlah dengan baik,

 

b. Pahami sebelum anda menerapkannya,

 

c. Analisis proses sebelum anda mengevaluasinya. 

 

Dalam  proses  menerapkan  prinsip  terukur  dan  spesifik  tersebut  ada  beberapa  aspek  yang yang diperhatikan, yaitu :

 

a.  Pemahaman dan pengetahuan

 

Kata  pemahaman  sering  digunakan  sebagai  salah  satu  luaran  yang  diharapkan  dari  suatu pembelajaran  tetapi  maknanya  seringkali  kurang  dipahami.  John  Dewey  (1933)  merangkum ‘Pemahaman’    dalam    How  We  Think  Understanding  dengan  menyampaikan  bahwa (Pemahaman)  adalah  makna  yang  dikembangkan  atau  diproses  dari  fakta-fakta.  Secara umum, pemahaman seringkali diidentikkan dengan pengetahuan. Padahal keduanya adalah dua hal yang sangat  berbeda.


b.  Praktis 

 

Bagaimana  merancang  dan  melaksanakan  eksperimen?  Kata-kata  yang  umum digunakan adalah menunjukkan, menerapkan dll.

 

c.  Keterampilan Generik 

 

Keterampilan  umum  mencakup  teknik  pemecahan  masalah,  inti  pembelajaran.  Yang biasa digunakan kata-kata  menganalisis, membandingkan, dll.

 

2.  Fleksibel (sesuai proses dan tahap belajar siswa)

 

Fleksibel ( sesuai proses dan tahap belajar siswa) Seringkali belajar dirasa sebagai sebuah perlombaan dan bukan proses. Kurikulum disusun sedemikian rupa sehingga siswa dijejali dengan berbagai materi yang hasil akhirnya berorientasi pada “sekadar tahu” dan  bukan  pemahaman  atau  penguasaan  sedangkan siswa memerlukan waktu dan tahapan untuk mengupas konsep. 

 

Capaian pembelajaran membawa perubahan dalam pendekatan pembelajaran di kelas dari yang berfokus kepada guru menjadi fokus kepada siswa. Menurut Harden karakteristik CP sebagai berikut: 

 

* Pengembangan  CP  jelas  mendefinisikan  hasil  yang  harus  dicapai  siswa  pada  akhir  program pembelajaran 

 

* Desain  kurikulum,  strategi  belajar,  dan  kesempatan  belajar  dilakukan  untuk  menjamin tercapainya CP 

 

* Proses  penilaian  disesuaikan  dengan  CP  dan  penilaian  setiap  individu  siswa  dilakukan  untuk memastikan bahwa siswa mencapai target pembelajaran.

 

Capaian Pembelajaran (CP) Tahun 2023 Bahasa Inggris Kelas 3 dan 4 SD Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Download Disini

 

Akhir Kata

Mungkin hanya itu dulu informasi tentang rekrutmen calon guru penggerak angkatan 8 - 10. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya.