-->

Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Pada Kurikulum Merdeka

Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Pada Kurikulum Merdeka

 

Salam jumpa pembaca. Pada kesempatan ini kami akan membagikan artikel tentang Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Pada Kurikulum Merdeka.

 

Pembelajaran pada saat ini telah berkembang semakin kearah yang maju sesuai dengan perkembangan zaman. Hal tersebut juga membuat konsep pembelajaran kreatif dan inovatif juga bergeser.

 

Oleh sebab itu konsep pembelajaran kreatif dan inovatif sangat penting untuk dipahami oleh guru. Hal tersebut juga dikarenakan adanya implementasi dari kurikulum merdeka yang lebih menekankan kepada peserta didik.

 

Pada implementasi kurikulum merdeka sendiri lebih berfokus pada peserta didik atau student centered. Hal tersebut membuat guru haru memberikan fasilitas yang dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran.

 

Dengan adanya kurikulum merdeka, pembelajaran menjadi lebih berusaha untuk mengembangkan dan juga mendorong potensi dan bakat dari peserta didik. Hal tersebutlah yang membuat pembelajaran harus dilakukan secara inovatif.

 

Tujuan dari hal tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dari peserta didik. Harapanya adalah pembelajaran dapat memfasilitasi bakat dan juga minat peserta didik untuk dapat terus berkembang.

 

Pembelajaran inovatif sendiri merupakan pembelajaran yang dikemas dengan gagasan baru untuk melakukan langkah-langkah belajar sehingga memperoleh kemajuan hasil belajar. Hal tersebut dapat digunakan dalam tujuan untuk pemecahan masalah.

 

Hal tersebut membuat program pembelajaran yang inovatif tersebut menjadi penyempurna dari metode atau model pembelajaran yang sebelumnya telah dilakukan. Hal tersebut secara garis besar bertujuan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi di kelas.

 

Selain hal tersebut, pembelajaran inovatif memiliki keunggulan untuk meningkatkan mutu sekolah secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran inovatif juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

 

Pada penerapanya, pembelajaran inovatif tersebut dapat dilihat secara langsung ciri ciri dalam penerapanya.Adapun ciri ciri penerapanya pembelajaran inovatif tersebut dapat dikatakan baik adalah sebagai berikut:

  • Memiliki prosedur yang sistematik yang dapat digunakan untuk memodifikasi perilaku peserta didik berdasarkan pada asumsi asumsi tertentu.
  • Hasil belajar ditetapkan secara khusus seperti perubahan perilaku positif peserta didik secara khusus.
  • Penentapan lingkungan belajar yang dapat dilakukan secara khusus dan juga kondusif.
  • Memiliki ukuran keberhasilan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran.
  • Terdapat interaksi dengan lingkunan seperti model pembelajaran tersebut dapat mendorong peserta didik untuk reaktif dan juga partisipatif terhadap apa yang terjadi pada lingkungan.

 

Hal tersebut tentu menjadi tanda utama dalam penerapan pembelajaran inovatif yang baik. Selain itu juga terdapat makna pembelajarna inovatif. Hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dapat menumbuhkan pilar pembelajaran untuk peserta didik seperti learning to know atau belajar mengatahui, learning to do atau belajar berbuat, learning to gather atau belajar hidup bersama, dan learning to be atau belajar menjadi seseorang.
  • Mampu digunakan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal, hal tersebut ditandai dengan keterlibatan peserta didik secara aktif, kreatif, dan inovatif.
  • Mampu digunakan untuk mengefektifkan tujuan pembelajaran dan juga tujuan pendidikan.
  • Mampu digunakan untuk mendorong perubahan perilaku peserta didik secara positif dalam berbagai aspek kehidupan.

 

Hal tersebut merupakan makna dari penerapan pembelajaran inovatif. Beberapa hal diatas adalah beberapa manfaat dari adanya pembelajaran inovatif. Penerapan tersebut dapat digunakan untuk mendorong potensi peserta didik.

 

Selain itu, penerapan tersebut juga dapat digunakan untuk mendorong perubahan perilaku dari peserta didik yang dapat diterapkan dalam perubahan yang positif dari berbagai aspek kehidupan peserta didik tersebut.

 

Akhir Kata

Mungkin hanya itu dulu artikel tentang Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Pada Kurikulum Merdeka. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya.